Kampung-Kampung di Yogyakarta Akan Terkenal, Cukup dengan Bikin Penanda

Jumat, 20 Mei 2022 – 21:02 WIB
Kampung-Kampung di Yogyakarta Akan Terkenal, Cukup dengan Bikin Penanda - JPNN.com Jogja
Penanda kampung di Kota Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta ingin agar semua kampung yang ada di daerah tersebut bisa dikenal masyarakat lebih luas.

Untuk mewujudkan hal itu, cukup dengan membangun tanda pengenal secara permanen yang dilengkapi dengan informasi nama kampung.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan tanda pengenal akan membuat orang lebih mudah mengingat nama-nama kampung sehingga secara tidak langsung akan mempromosikan kampung tersebut kepada wisatawan.

"Biasanya, orang lebih mengenal nama jalan dan banyak yang belum mengenal nama kampung. Makanya, diperlukan penanda supaya lebih banyak yang kenal," kata Heroe saat peresmian penanda kampung di Kelurahan Terban Yogyakarta, Jumat (20/5).

Menurut dia, bentuk penanda kampung dapat disesuaikan dengan karakter sejarah pertumbuhan dan perkembangan kampung karena kondisi masing-masing kampung di Kota Yogyakarta berbeda-beda.

Nantinya, lanjut dia, keberadaan penanda kampung tersebut juga akan terus dikembangkan.

Salah satunya dengan menyematkan QR Code yang berisi seluruh informasi mengenai kampung tersebut.

"Jadi, tinggal dipindai. Nanti akan muncul informasi mengenai kampung yang dimaksud. Mulai dari arti nama, sejarah nama kampung, dan potensi di kampung tersebut," kata Heroe.

Pemkot Yogyakarta memiliki program untuk memperkenalkan kampung-kampung kepada wisatawan. Setiap kampung cukup membangun tanda pengenal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News