Yoyakarta dan Sumatera Utara Bersatu dalam Kolaborasi Membangun Kampung Wisata

Rabu, 18 Mei 2022 – 21:39 WIB
Yoyakarta dan Sumatera Utara Bersatu dalam Kolaborasi Membangun Kampung Wisata - JPNN.com Jogja
Sinergi kampung wisata di Kota Yogyakarta dan Sumatera Utara. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah kota Yogyakarta dan beberapa kabupaten di Sumatera Utama bekerja sama dalam upaya untuk meningkatkan kemajuan masing-masing kampung wisata andalan.

Di Yogyakarta, Kampung Wisata Tahunan menjadi perwakilan untuk saling bekerja sama dengan Kampung Toba yang ada di Sumatera Utara.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan kedua kampung wisata itu akan berkolaborasi untuk meningkatkan bidang pariwisata dan budaya.

Menurut Haryadi, Kampung Tahunan memiliki banyak potensi di bidang pariwisata yang bisa dikembangkan, di antaranya keberadaan sentra batik dan jumputan.

Bahkan, kampung tersebut berusaha menjadi kampung kain nusantara.

Keberadaan sentra batik dan jumputan tersebut, lanjut Haryadi, bisa dikolaborasikan dengan Kampung Toba yang juga terkenal dengan kain khas ulos.

“Kampung Tahunan diharapkan bisa memberikan dukungan pada inovasi produk-produk kreatif yang dapat menambah diversifikasi produk kain nusantara," katanya.

Kemitraan antara Kampung Wisata Tahunan dengan Kampung Toba merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan tiga kabupaten di sekitar Danau Toba yaitu, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Kampung wisata yang ada di Kota Yogyakarta bekerja sama dengan kampung wisata di Sumatera Utara. Bekerja untuk saling memajukan pariwisata dan budaya lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News