UNY Selangkah Lagi Beralih dari BLU ke PTN BH, Apa Bedanya?

Minggu, 28 Agustus 2022 – 10:34 WIB
UNY Selangkah Lagi Beralih dari BLU ke PTN BH, Apa Bedanya?  - JPNN.com Jogja
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTN BH.

Perubahan tersebut merupakan dorongan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) agar kampus negeri bertransformasi menjadi PTN BH.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Kampus Merdeka yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum. 

Rektor UNY Sumaryanto mengatakan perubahan tersebut akan segera terealisasi. 

"UNY tinggal menunggu restu tanda tangan dari bapak presiden Jokowi untuk beralih dari PTN BLU ke PTN BH," kata Sumaryanto pada Sabtu (27/8).

Ia berharap presiden Indonesia berkenan segera menandatangani perubahan tersebut. 

Lebih lanjut, Sumaryanto mengatakan bahwa perubahan menjadi PTN BH akan memberikan nuansa baru dalam kampus UNY.

"Ciri PTN BH adalah optimalisasi pengembangan aset, maka konsep dari kita oleh kita. Semua aset, baik orang, barang, fasilitas, prodi dan manejerial akan kami dedikasikan untuk inline mem-back up tata kelola PT BH," ujarnya. (mcr25/jpnn)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan segera berubah dari PTN BLU menjadi PTN BH. Tinggal menunggu restu presiden. Apa yang jadi pembeda?

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News