Kapanewon Ngemplak Kini Punya Makanan Khas, Sedap!

Senin, 29 Agustus 2022 – 10:04 WIB
Kapanewon Ngemplak Kini Punya Makanan Khas, Sedap! - JPNN.com Jogja
Festival Apem Kapanewon Ngemplak. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Masyarakat di Kapanewon (Kecamatan) Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini memiliki makanan khas yang akan menjadi ikon daerah tersebut.

Makanan itu adalah apam atau apem, sajian yang biasa ditemui dalam setiap acara kebudayaan di Kapanewon Ngemplak.

Pengukuhan apem sebagai makanan khas Kapanewon Ngemplak ditandai dengan terselenggaranya Festival Apem di Padukuhan Wonolelo, Widodomartani pada Minggu (28/8).

Festival Apem itu diinisiasi oleh Forum Komunikasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kapanewon Ngemplak.

Pengurus Forum Komunikasi UMKM Ngemplak Nuradi mengatakan apem mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat Kapanewon Ngemplak.

"Setiap acara adat Saparan Wonolelo yang selalu diadakan setiap tahun, biasanya masyarakat membagikan apem. Sebelum acara Saparan Wonolelo akan kami adakan Festival Apem terlebih dahulu," katanya.

Festival Apem kemarin baru diadakan pertama kali, tetapi antusias masyarakat dalam memeriahkan acara ini luar biasa.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya peserta yang ikut serta dalam Festival Apem ini, yakni sebanyak 50 UMKM se-Kapanewon Ngemplak.

Masyarakat Kapanewon Ngemplak mendeklarasikan apem sebagai makanan khas yang wajib ada dalam setiap acara kebudayaan. Apem akan jadi ikon Kapanewon Ngemplak.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News