Pencinta Keris Berkumpul di Jogja, Ada yang Rela Jual Mobil

Sabtu, 17 September 2022 – 18:15 WIB
Pencinta Keris Berkumpul di Jogja, Ada yang Rela Jual Mobil - JPNN.com Jogja
Musyawarah Agung Senapati Nusantara. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Organisasi induk perkerisan di Indonesia, Senapati Nusantara menggelar Musyawarah Agung 2022 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (17/9).

Ribuan pencinta keris dari seluruh penjuru negeri sudah tiba di Jogja. Mereka siap untuk memuaskan mata di bursa dan pameran keris yang sudah berlangsung sejak Jumat (16/9) hingga Minggu (18/9).

Musyawarah Agung Senapati Nusantara digelar secara luring untuk memulihkan kembali dunia perkerisan Indonesia yang sempat terpuruk dihantam pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Harian Senapati Nusantara, Hidayat mengatakan masa-masa kelam tiga tahun telah sirna dalam sekejap dengan adanya Musyawarah Agung (MAS) 2022.

"Kami, panitia MAS 2022 mengucap syukur. Antusiasme dan semangat kawan-kawan benar-benar seperti slogan MAS 2022 kali ini, yakni Keris Nusantara untuk Indonesia Bangkit," kata Hidayat dalam jumpa pers menjelang pembukaan MAS 2022 di Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu.

Dia mengatakan pada hari pertama MAS, Jumat (16/9) dari 73 paguyuban yang tergabung dalam Senapati Nusantara sudah 85 persen hadir.

Di meja bursa atau trading keris rencananya hanya ada 90 stan, tetapi bertambah 70 stan lagi sehingga total ada 160 meja stan penjualan bursa keris.

Para pelaku bursa keris datang dari seluruh penjuru nusantara, seperti Jawa Timur dan Madura, Bali dan Lombok, Sulawesi, Sumatera, Jakarta, Jabar, Solo, Yogyakarta Semarang, dan daerah-daerah yang bahkan belum bergabung menjadi anggota Senapati Nusantara.

Ribuan orang pencinta keris sudah datang ke Jogja untuk melihat pameran dan bursa keris terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Senapati Nusantara.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News