Kenapa 25 November Harus Jadi Hari Keris Nasional? Begini kata Senapati Nusantara

Minggu, 18 September 2022 – 11:30 WIB
Kenapa 25 November Harus Jadi Hari Keris Nasional? Begini kata Senapati Nusantara - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Senapati Nusantara mengusulkan 25 November sebagai Hari Keris Nasional. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Organisasi induk paguyuban keris di Indonesia, Senapati Nusantara menggelar Musyawarah Agung dan pameran keris di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak Jumat (16/9) hingga Minggu (18/9).

Ada empat agenda utama dalam Musyawarah Agung Senapati Nusantara 2022, yaitu pemilihan Sekjen dan Dewan Penasehat Senapati Nusantara periode 2022-2026, pameran keris-keris tua dan langka, bursa keris terbesar di Indonesia dan pengusulan 25 November sebagai Hari Keris Nasional.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Senapati Nusantara, Nurjianto mengatakan puncak dari kegiatan ini adalah mendesak agar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi agar segera menetapkan 25 November sebagai Hari Keris Nasional.

"Tidak perlu bahas yang rumit-rumit. Jika dijadikan hari nasional dan diwajibkan semua ASN, Polri dan TNI untuk pakai keris sehari saja dalam setahun, berarti akan ada lima juta keris yang terjual," katanya dalam jumpa pers pembukaan MAS 2020 di Yogyakarta, Sabtu (17/9).

Dipilihnya 25 November sebagai Hari Keris Nasional karena itu adalah waktu dimana UNESCO menetapkan keris sebagai warisan tak benda.

Dia berharap pemerintah memfasilitasi perajin keris untuk pengiriman keris lokal dan luar negeri karena sifatnya komoditas, seni kriya, yang harus bisa dipasarkan ke mana pun, termasuk ke luar negeri.

"Selama ini teman-teman yang berdagang keris tua, artefak keluar negeri bisa diganti dengan keris karya-karya empu masa kini. Dengan itu, artefak akan tetap di Indonesia, tetapi produksi seni kriya akan bisa ke luar," katanya.

Senapati Nusantara adalah organisasi perkerisan nasional yang pertama mengawali penyusunan naskah akademik Hari Keris Nasional.

Senapati Nusantara mengusulkan 25 November sebagai Hari Keris Nasional. Kenapa itu menjadi sangat penting?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia