Ingin Lihat Keris Era Majapahit? Yuk, Datang ke Pameran Senapati Nusantara di Jogja

Kamis, 15 September 2022 – 09:35 WIB
Ingin Lihat Keris Era Majapahit? Yuk, Datang ke Pameran Senapati Nusantara di Jogja - JPNN.com Jogja
Pemeran keris Senapati Nusantara. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pameran keris-keris langka dan bersejarah akan segera berlangsung di Yogyakarta pada 16-18 September 2022.

Pameran keris itu diinisiasi oleh organisasi induk pencinta keris di Indonesia, Senapati Nusantara. Pada saat yang sama juga akan berlangsung Musyawarah Pemilihan Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara periode 2022-2026.

Ketua Panitia Musyawarah Agung Nurjianto mengatakan ribuan kolektor keris dari seluruh wilayah Indonesia telah tiba di Yogyakarta untuk memeriahkan pameran Tosan Aji dan keris.

Dia mengatakan beberapa keris langka yang akan dipamerkan dalam kegiatan tersebut di antaranya dua keris dari era kerajaan Majapahit, yakni Keris Naga Sasra bergelar Shang Hyang Antaboga dan Keris Kyai Sekar Anggrek.

Menurut dia, selama ini keris-keris langka dan berusia ratusan tahun yang sering dipamerkan adalah dari era setelah Majapahit yakni era Demak, Pajang, dan Mataram Islam. Baru di Musyawarah Agung Senapati Nusantara 2022 keris dari era Majapahit dipamerkan secara terbuka.

"Banyak yang mengeklaim memiliki keris Naga Sasra Majapahit yang asli, tetapi sampai saat ini masih diragukan keasliannya. Bahkan, di berbagai museum keris di dunia tidak ditemukan yang namanya keris Naga Sasra Majapahit dengan ciri yang disepakati para ahli keris," katanya.

Dia mengatakan bagi sebagian masyarakat pencinta Tosan Aji, keris Naga Sasra Majapahit telah hilang ditelan bumi.

Namun, pada Pameran Keris "Menuju Indonesia Bangkit" itu, Keris Naga Sasra Majapahit telah muncul kembali setelah melalui kuratoral serta kajian para pakar keris Nusantara.

Senapati Nusantara akan menggelar pameran keris terbesar di Indonesia. Ada keris tua era Majapahit. Penasara? Catat tanggalnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia