Dari Jogja, Senapati Nusantara Menyusun Perda Sumenep tentang Keris

Sabtu, 17 September 2022 – 21:30 WIB
Dari Jogja, Senapati Nusantara Menyusun Perda Sumenep tentang Keris - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pengrajin keris. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Organisasi induk paguyuban keris di Indonesia, Senapati Nusantara resmi membuka Musyawarah Agung 2022 (MAS) di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (17/9).

Ada empat agenda utama dalam MAS 2022, yaitu pemilihan Sekjen dan Dewan Penasehat Senapati Nusantara periode 2022-2026, pameran keris-keris tua dan langka, bursa keris terbesar di Indonesia dan pengusulan 25 November sebagai Hari Keris Nasional.

Selain itu, Musyawarah Agung juga akan mulai membahas tentang Peraturan Daerah Kabupaten Sumenep tentang perkerisan. Hal itu berkaitan dengan penetapan Sumenep sebagai Kota Keris.

Wakil Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara yang juga Ketua Umum MAS 2022, Nurjianto mengatakan Senapati Nusantara adalah organisasi yang mengawal Bupati Sumenep untuk menetapkan Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris.

Pada MAS 2022 juga akan menandatangani kerja sama dengan Pemkab Sumenep dalam penyusunan Perda Rencana Strategis Pengembangan Keris.

"Hari ini kami akan menandatangani MoU kerja sama penyusunan perda yang akan jadi pilot projek yang bisa dicontoh daerah lain untuk mengembangkan ekosistem perkerisan, dari sisi spiritual, pendidikan, seni, sains metalurgi, seni kriya, dan juga elemen ekonomi UMKM," katanya.

Menurut dia, Perda tersebut di antaranya akan memberi arahan bagaimana pengembangan sumber daya manusia (SDM) pengrajin. Di Sumenep ada 700-an empu dan pengrajin sehingga penting dibuat rencana peningkatan kualitas SDM.

Kemudian masalah sosialisasi dan pemasaran yang di antaranya bagaimana di satuan pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas bisa dikenalkan dengan sejarah dan kebudayaan keris termasuk di dalam sains keris.

Pada Musyawarah Agung 2022 di Jogja, Senapati Nusantara juga akan mulai membahas Perda Kabupaten Sumenep tentang perkerisan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia