Duh, 11 Hektare Bawang Merah di Kulon Progo Terancam Gagal Panen, Apa yang Terjadi?

Minggu, 18 September 2022 – 19:01 WIB
Duh, 11 Hektare Bawang Merah di Kulon Progo Terancam Gagal Panen, Apa yang Terjadi? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Kebun bawang merah di Kulon Progo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Petani bawang merah di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini dibuat resah dengan keberadaan hama ulat daun yang menggerogoti tanaman mereka.

Tercatat ada sebelas hektare kebun bawang mera di Bulak Srikayangan, Desa Srikayangan terancam gagal panen karena ulah hama tersebut.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulon Progo Juliwati mengatakan sudah ada beberapa langkah yang diambil untuk mengantisiapsi meluasnya hama ulat daun bawang merah.

Salah satunya dengan agensia hayati atau kimia sistemik yang dipadukan dengan pemasangan likat kuning untuk merangkap kupu-kupu sehingga hama tidak sempat kawin dan bertelur.

"Luas serangan hama ulat sebelas hektare dengan intensitas serangan sembilan persen atau serangan ringan," kata Juliwati.

Ia mengatakan DPP Kulon Progo juga merekomendasikan langkah antisipasi dan pengendalian, mulai dari sanitasi lingkungan, pemupukan berimbang.

Kemudian, apabila memungkinkan dan luasan, populasi masih rendah, ulat yang berada di bagian dalam batang bisa diambil secara manual dengan hati-hati.

Selanjutnya, penyemprotan dengan APH Beauveria bassiana dan Virus Se-NPV (Spodoptera exigua-Nuclear Polyhedrosis Virus), pemasangan likat kuning dan sek feromon untuk mengendalikan serangga di lapang.

Petani bawang merah di Kulon Progo sedang resah dengan hama ulat daun. Sebelas hektare kebun bawang merah terancam gagal panen.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia