Sebegini Produksi Bawang Merah di Bantul, Terbesar se-DIY

Kamis, 01 September 2022 – 16:01 WIB
Sebegini Produksi Bawang Merah di Bantul, Terbesar se-DIY - JPNN.com Jogja
Produksi bawang merah di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kabupaten Bantul menjadi daerah dengan produksi bawang merah terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan luas lahan sekitar 1.000 hektare, Bantul menjadi penyumbang 60 persen pasokan bawang merah di Jogja.

Tahun ini, Dinas Pertanian Pangan dan Kehutanan Kabupaten Bantul memperkirakan produksi bawang merah di seluruh kecamatan bisa mencapai 14.000 ton.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Kehutanan Bantul, Joko Waluyo mengatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan petani Bantul adalah angka produktivitas bawang merah yang bisa mencapai 13 atau 14 ton per hektare.

"Jika sampai akhir tahun ini luas panen bisa tembus 1.000 hektare, hasilnya tinggal dikalikan saja," kata Joko.

Dia mengatakan hingga akhir Agustus, tanaman bawang merah yang sudah dipanen mencapai seluas 639 hektare di beberapa kecamatan sentra bawang merah, di antaranya wilayah Kretek, Imogiri, dan Sanden.

Pada musim ini ada hamparan tanaman bawang merah seluas 175 hektare di wilayah Dusun Sangkeh, Desa Srigading, Sanden yang siap panen.

Panen perdana tanaman hortikultura sudah diawali Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada Rabu (31/8).

Bantul adalah wilayah pemasok bawang merah terbesar se-DIY. Tahun ini, produksi bawang merah di Bantul diperkirakan mencapai 14.000 ton.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News