Petani di Sleman Sukses Panen Raya Bawang Merah

Kamis, 08 September 2022 – 18:15 WIB
Petani di Sleman Sukses Panen Raya Bawang Merah - JPNN.com Jogja
Panen raya bawang merah di Sleman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Petani di Dusun Gendingan, Jarakan, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sukses memanen bawang merah di area persawahan.

Panen raya bawang merah kali ini diinisiasi oleh Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tirto Sembodo, Tirtomartani.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa datang langsung menyaksikan panen raya bawang merah di daerahnya.

"Kami merasa bangga karena Gapoktan Tirto Sembodo ini mampu mengembangkan komoditas bawang merah dengan hasil panen yang cukup besar mencapai 21,5 ton," kata Danang Maharsa, Kamis (8/9).

Danang juga berterima kasih kepada Dirjen Hortikultura yang telah memberikan lahan kepada para petani untuk menanam bawang merah.

"Pemberian bantuan ini tentunya akan sangat membantu petani dalam budi daya bawang merah yang dilakukan guna meningkatkan produktivitas dan kualitas bawang merah yang dihasilkan," katanya.

Menurut dia, para petani harus memberikan perhatian khusus pada tiga titik kritis dari rantai agribisnisnya. Yakni meliputi ketersediaan benih unggul dan bermutu, teknik budidayanya serta penanganan panen dan sesudahnya.

"Ketiga hal tersebut menjadi kunci penting untuk memberikan keuntungan bagi para petani. Petani juga bisa melakukan manajemen yang baik untuk masa tanam komoditi bawang merah ini," katanya.

Petani di Sleman sukses memanen bawang merah sebanyak 21,5 ton di lahan sawah bantuan dari Dirjen Hortikultura.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News