Kecamatan Dlingo Belum Terjangkau Truk Pengangkut Sampah, Ini Sebabnya

Senin, 19 September 2022 – 20:01 WIB
Kecamatan Dlingo Belum Terjangkau Truk Pengangkut Sampah, Ini Sebabnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Truk pengangkut sampah di Bantul. Foto: HO/DLHK Kabupaten Tangerang

jogja.jpnn.com, BANTUL - Hampir semua kecamatan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah terjangkau layanan truk pengangkutan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul Ari Budi Nugroho mengatakan layanan truk pengangkut sampah sudah menjangkau 16 dari 17 kecamatan yang ada di Bantul.

Hanya kecamatan Dlingo yang masih belum tersentuh layanan tersebut.

Budi mengatakan Kecamatan Dlingo belum dijangkau armada truk sampah karena beberapa faktor, di antaranya kondisi geografis pegunungan.

Selain itu, di sana masih masuk kawasan pedesaan sehingga memiliki lahan yang luas untuk pengolahan sampah.

"Karena pekarangan luas-luas, jadi, mereka bisa melakukan pengolahan. Memang untuk menambah jangkauan layanan juga perlu kesiapan infrastruktur, sarana prasarana dan armada," katanya.

Dia menyebut saat ini jumlah armada truk pengangkut sampah yang dikelola instansinya sebanyak 36 armada dengan umur paling lama sepuluh tahun. Armada tersebut beroperasi setiap hari menjangkau pelanggan di masyarakat.

"Jumlah pelanggan kami sekarang ini sekitar 300 kelompok, tetapi setiap satu kelompok anggotanya sekian ratus, bahkan ada yang ribuan, misalnya satu depo langganan dengan kita, tapi depo ini menampung sekian ribu rumah tangga," katanya.

Layanan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidulp Bantul nyaris menjangkau semua wilayah, kecuali Kecamatan Dlingo. Kenapa?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia