Tahun Depan Setiap Warga Bantul Akan Punya Peringkat Kesejahteraan

Minggu, 02 Oktober 2022 – 09:20 WIB
Tahun Depan Setiap Warga Bantul Akan Punya Peringkat Kesejahteraan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pemkab Bantul sedang menyusun tingkat kesejahteraan warganya. Foto: dok.JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan pendataan tingkat kesejahteraan warga akan rampung pada 2023.

Oleh karena itu, pemerintah setempat sedang mengebut untuk mendata indikator kesejahteraan sosial untuk menentukan peringkat kesejahteraan warga Bantul.

Sekretaris Dinas Sosial Bantul Saryadi mengatakan mereka ingin pada akhir 2023 semua warga Bantul sudah terdata.

Suryadi mengatakan indikator kesejahteraan sosial sangat penting untuk menyusun Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), lengkap dengan urutan tingkat kesejahteraan sosial sesuai 27 parameter yang ditetapkan.

DTKS yang dihasilkan nantinya akan memiliki peringkat kesejahteraan sosial setiap warga Bantul, tidak seperti DTKS yang kini ada di Kementerian Sosial RI.

"Kami sudah menyicil pada perubahan anggaran tahun ini. Kabupaten menguji coba pada perubahan APBD, kelurahan dengan perubahan APB kelurahan," ucap dia.

Terkait dengan ketersediaan SDM untuk mendata, Pemkab Bantul sudah menentukan standar honor yang disesuaikan dengan jumlah kepala keluarga (KK).

"Jadi, misalnya dalam satu pedukuhan mau didata oleh satu orang kami serahkan kebijakan masing-masing kelurahan. Namun, kami berikan standar honor pendata per KK dan honor petugas entry data per lembar," ucap dia.

Pemkab Bantul ingin agar tahun depan setiap warga Bantul memiliki data kesejahteraan sesuai peringkat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News