Kunjungan Wisata di Kulon Progo Menurun, Bukan karena BBM, tetapi

Senin, 03 Oktober 2022 – 13:00 WIB
Kunjungan Wisata di Kulon Progo Menurun, Bukan karena BBM, tetapi - JPNN.com Jogja
Kawasan Bukit Menoreh salah satu objek wisata di Kulon Progo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Objek wisata Kalibiru, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami penurunan jumlah pengunjung sejak harga bahan bakar minyak (BBM) naik.

Ketua Pengurus Pokdarwis Kalibiru Sumarjana mengatakan sebelum kenaikan harga BBM jumlah pengunjung harian bisa mencapai 70 orang. Namun, saat ini selalu di bawah 50 orang per hari.

"Penurunan kunjungan wisatawan ini sangat berdampak pada pelaku wisata di Kalibiru. Retribusi yang masuk tidak menutup biaya operasional," katanya.

Pihak pengelola mencoba untuk menyiasati hal itu dengan menerapkan paket wisata murah.

"Kami harus bertahan dengan kondisi saat ini dengan adanya penurunan kunjungan wisatawan," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito menilai penurunan jumlah kunjungan wisatawan di beberapa objek wisata bukan karena kenaikan harga BBM, tetapi karena faktor cuaca yang mulai sering turun hujan.

"Kami tidak melihat penurunan kunjungan wisatawan karena pengaruh BBM, tetapi karena sudah turun hujan. Wisatawan tidak nyaman lagi berwisata, apalagi wisata desa lebih mengutamakan alam sehingga saat musim hujan menjadi persoalan sendiri," kata Joko Mursito.

Pengelola Desa Wisata Kebun Teh Nglinggo, Makful mengatakan belum ada dampak signifikan kenaikan BBM terhadap jumlah kunjungan wisatawan di sana.

Salah satu objek wisata di Kulon Progo mengalami penurunan jumlah wisatawan. Apa penyebabnya?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News