Cara Pemkot Yogyakarta Mengatasi Banjir Saat Musim Hujan

Rabu, 05 Oktober 2022 – 22:01 WIB
Cara Pemkot Yogyakarta Mengatasi Banjir Saat Musim Hujan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi hujan turun di Yogyakarta. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi banjir dan genangan air yang muncul saat musim hujan.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan sumur-sumur resapan air untuk menangani genangan saat hujan turun.

Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Kurniadi Rahmawan mengatakan mereka telah membuat sumur resapan di saluran drainase.

Fungsi pembuatan sumur resapan air hujan di saluran drainase adalah untuk meningkatkan kapasitas saluran sehingga mampu menampung air lebih banyak.

Selain itu, sumur resapan juga membuat lumpur akan menumpuk di satu titik sehingga memudahkan petugas untuk membersihkannya.

Sumur resapan air hujan yang dibuat di sepanjang saluran drainase biasanya memiliki spesifikasi berdiameter 90 centimeter dengan kedalaman tiga hingga empat meter dan setiap sumur resapan berjarak 10-15 meter.

Pembuatan sumur resapan sudah dilakukan di Kota Yogyakarta sejak 2012 dan tetap dilakukan untuk meningkatkan kapasitas saluran drainase sekaligus konservasi air tanah.

DPUPKP Kota Yogyakarta mencatat, masih ada sejumlah titik di Kota Yogyakarta yang berpotensi mengalami genangan saat hujan deras atau saat musim hujan, baik di wilayah perbatasan dengan kabupaten lain maupun di dalam kota.

Musim hujan sudah tiba. Pemkot Yogyakarta bersiap untuk mengatasi masalah banjir saat hujan lebat. Begini caranya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia