Hujan Lebat, Jalan Penting di Kulon Progo Tertimbun Longsor, Belum Bisa Dilalui

Selasa, 11 Oktober 2022 – 23:01 WIB
Hujan Lebat, Jalan Penting di Kulon Progo Tertimbun Longsor, Belum Bisa Dilalui - JPNN.com Jogja
Tanah longsor menimbun ruas jalan di Kulon Progo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Hujan lebat yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (11/10) menimbulkan kejadian tanah longsor.

Salah satu ruas jalan yang tertimbun longsor adalah akses menuju tempat ziarah Sendangsono, Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang.

Akses jalan itu bahkan tidak bisa dilalui pada Selasa sore karena tim dari Taruna Siaga Bencana (Taguna) Kulon Progo belum mengevakuasi longsoran.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kulon Progo Ibnu Wibowo mengatakan saat ini mereka masih mendata di mana saja titik-titik yang rawan tertimbun longsor saat hujan lebat.

"Saat ini, akses jalan menuju tempat ziarah Sedangsono ditutup karena ada material longsor," kata Ibnu.

Ia mengatakan tim Tagana belum dapat mengevakuasi longsoran karena hujan masih melanda daerah itu hingga Selasa sore. Mereka khawatir ada longsor susulan.

"Kami masih belum melakukan evakuasi karena mengutamakan keselamatan masyarakat dan petugas. Saat ini kondisi masih hujan," katanya.

Selain menimbun ruas jalan, tanah longsor juga menimpa sepuluh rumah warga di Kecamatan Samigaluh dan Kalibawang.

Hujan lebat di Kulon Progo telah menyebabkan beberapa ruas jalan tidak bisa dilalui karena tertimbun longsor. Masyarakat diminta waspada.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News