Komitmen Pemkot Jogja Mencegah dan Menangani Kekerasan pada Perempuan dan Anak

Jumat, 14 Oktober 2022 – 12:30 WIB
Komitmen Pemkot Jogja Mencegah dan Menangani Kekerasan pada Perempuan dan Anak - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Jogja. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta terus berupaya menanggulangi kekerasan dan perundungan terhadap anak.

DP3AP2KB Kota Yogyakarta bersama Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kenari memberikan sosialisasi pencegahan kekerasan seksual pada siswa.

Selain itu, guru Bimbingan Konseling (BK) SMP dan MTs se-Kota Yogyakarta turut diberikan pelatihan dukungan psikologis awal (DPA).

Menurut Konselor Psikologi Rifka Annisa Women's Crisis Center Siti Darmawati, kekerasan seksual pada anak bisa terjadi di lingkungan sekolah.

Siti mengatakan peran guru sangat vital dalam mencegah dan menangani perilaku tersebut. 

“Kekerasan seksual biasanya dipengaruhi oleh lingkungan, dimana masyarakat cenderung meremehkan pelecehan seksual. Sering kali kita mendengar seseorang yang bercanda dengan menyinggung fisik seseorang atau menganggap perempuan sekadar objek, tetapi mereka tidak sadar bahwa itu termasuk pelecehan," kata Siti, Kamis (13/10).

Kekerasan pada perempuan dan anak, lanjutnya, bisa berupa kekerasan fisik, psikis dan seksual. 

“Harapannya kegiatan ini bisa menjadi bekal untuk guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan layanan kepada siswa dan semakin lebih peka dengan hal-hal yang terjadi di lingkungan sekolah,” ucapnya.

Pemkot Yogyakarta berkomitmen dalam mencegah dan menangani masalah kekerasan pada perempuan dan anak. Salah satunya melalui sosialisasi dan pelatihan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia