Gunungkidul Siaga Cuaca Ekstrem, Perangkat Daerah Bergerak Cepat

Senin, 17 Oktober 2022 – 12:50 WIB
Gunungkidul Siaga Cuaca Ekstrem, Perangkat Daerah Bergerak Cepat - JPNN.com Jogja
Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengecek peralatan dalam upaya menghadapi kerawanan bencana alam di wilayahnya, Senin (17/10). Foto: Humas Polres Gunungkidul

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Kabupaten Gunungkidul memiliki potensi kerawanan bencana alam yang cukup tinggi akibat cuaca ekstrem.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan untuk mengantisipasi dampak buruk di sejumlah daerah diperlukan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

"Potensi bencana di sejumlah wilayah dapat menimbulkan kerusakan infrastruktur publik maupun milik masyarakat," katanya, Senin (17/10).

Dia berharap masyarakat dan pihak terkait mampu bahu membahu dalam upaya pencegahan, kesiapsiagaan dan penanganan bila bencana muncul.

"Selain itu, saya menekankan agar pemerintah mulai dari level kalurahan mengaktifkan posko siaga bencana dan selalu berkoordinasi serta melaporkan kejadian bencana yang terjadi di wilayahnya," jelas Heri.

Dalam Apel Gelar Kesiapsiagaan Bencana di Mapolres Gunungkidul itu, pemerintah setempat, pihak kepolisian dan BPBD Gunungkidul akan melakukan pemetaan lokasi rawan bencana alam selama musim hujan 2022.

Selain itu, instansi terkait juga bakal mengimbau masyarakat agar mewaspadai hujan yang berpotensi menimbulkan bencana dan korban jiwa.

Polres Gunungkidul, TNI, BPBD, SAR dan unsur terkait telah dipersiapkan beserta peralatan yang dibutuhkan nantinya. (mcr25/jpnn)

Cuaca ekstrem yang melanda Gunungkidul berpotensi menimbulkan bencana alam dan kerusakan infrastruktur. Masyarakat diminta untuk selalu waspada.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia