Kulon Progo Tanggap Darurat Bencana, Warga Diminta Waspada

Selasa, 18 Oktober 2022 – 14:38 WIB
Kulon Progo Tanggap Darurat Bencana, Warga Diminta Waspada - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bencana tanah longsor saat musim hujan tiba. Foto: Humas Polres Kulon Progo

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Hujan dengan intensitas yang tinggi sepekan terakhir telah menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menetapkan status tanggap darurat penanganan bencana banjir dan tanah longsor.

Status itu tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Nomor 348/C/2022 tentang Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kulon Progo

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo Joko Satya Agus Nahrowi mengatakan hujan deras yang mengguyur Kulon Progo sejak akhir September 2022 telah menyebabkan banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang di lebih dari 100 lokasi.

Penetapan status tanggap darurat penanganan bencana, menurut dia, ditetapkan agar mempercepat pengerahan sumber daya untuk menanggulangi dampak bencana, termasuk penggunaan anggaran pemerintah.

"Menggunakan biaya tidak terduga untuk pengerahan alat berat dalam membuka akses jalan umum, baik jalan kabupaten atau perkampungan yang memang terkena dampak bencana longsor," kata Joko.

Ia mengatakan bahwa alat berat perlu dikerahkan untuk menangani dampak tanah longsor di puluhan lokasi, termasuk di Sonyo dan Pringtali, Kecamatan Girimulyo, serta Sidoharjo dan Kalibawang.

"Tim sukarelawan, TRC, dan Tagana bergerak cepat melakukan penanganan bencana," ujarnya.

Kulon Progo kini berstatus tanggap darurat bencana alam. Warga diminta peka dan waspada.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News