Sedang Marak Kasus Gagal Ginjal pada Anak, Begini Sikap RSUP Sardjito

Rabu, 19 Oktober 2022 – 17:30 WIB
Sedang Marak Kasus Gagal Ginjal pada Anak, Begini Sikap RSUP Sardjito - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Kasus gagal ginjal pada anak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - RSUP dr. Sardjito yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan kesiapannya dalam menangani pasien gagal ginjal akut pada anak.

Koordinator Pelayanan Medis RSUP Sardjito, dr. Purjanto Tepo Utomo mengatakan pihaknya memiliki dokter ahli dan sarana prasarana yang cukup memadai.

"Rumah Sakit Sardjito tentu saja menyiapkan langkah antisipasi, ya. Kami menyiapkan segala yang dibutuhkan dalam rangka perawatan pasien-pasien gagal ginjal pada anak," kata Topo pada Rabu (19/10).

Menurutnya, RSUP Sardjito memiliki tenaga ahli dokter anak dan ditunjang dengan dokter lainnya.

"Kami juga memiliki sarana dan prasarana untuk perawatan pasien-pasien tersebut. Obat-obatan juga kami siapkan," ucapnya. 

Sejauh ini, RSUP Dr. Sardjito sudah melayani 13 pasien gagal ginjal pada anak. Enam di antaranya meninggal dunia, tiga dinyatakan sembuh dan empat anak masih dalam perawatan.

Adapun satu pasien dalam perawatan intensif dan tiga pasien menjalani perawatan biasa.

Kemudian, dari 13 kasus tersebut, enam anak berasal dari DIY dan tujuh anak lainnya berasal dari luar DIY, yaitu dari Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat.

RSUP dr. Sardjito menyatakan diri siap memberikan pelayanan kepada pasien gagal ginjal akut pada anak. Di sana ada dokter spesialis anak untuk kesehatan ginjal.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia