Pemprov DIY dan UGM Dipercaya Kemenpan RB jadi Pilot Project Pengentasan Kemiskinan

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 11:01 WIB
Pemprov DIY dan UGM Dipercaya Kemenpan RB jadi Pilot Project Pengentasan Kemiskinan - JPNN.com Jogja
Penandatanganan komitmen pengentasan kemiskinan di UGM. Foto: Humas Pemprov DIY.

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapat mandat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk menjadi pilot project (proyek percontohan) implementasi Reformasi Birokrasi (RB) Tematik Penanggulangan Kemiskinan.

Penandatanganan komitmen RB Tematik Penanggulangan Kemiskinan berlangsung di Balai Senat UGM, Yogyakarta, Jumat (21/10).

Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah ingin mengurai dan menyelesaikan kemiskinan dengan menyentuh akar masalah.

Reformasi Birokrasi Tematik, kata Anas, bertujuan untuk mempercepat manfaat program pembangunan agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Selain itu, kata dia, juga untuk mempercepat penyelesaian permasalahan utama di masyarakat dan berkontribusi langsung ke program prioritas Presiden Joko Widodo.

Penerapan RB Tematik, menurut dia, disusun dengan menerjemahkan arahan Presiden Jokowi.

RB Tematik memiliki tiga fokus lain, yakni investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan, dan prioritas presiden.

Selain itu, kata dia, akan mendorong penggunaan anggaran penanggulangan kemiskinan agar lebih efektif sehingga pelaksanaan program lebih tepat sasaran.

Program tersebut, lanjut Anas, juga untuk mengintervensi dan memperbaiki aspek tata kelola pengentasan kemiskinan melalui perbaikan proses bisnis, perbaikan data, dan perbaikan regulasi/kebijakan.

Pemprov DIY dan UGM dipercaya oleh Kemenpan RB untuk menjadi pilot project program Reformasi Birokrasi Tematik Pengentasan Kemiskinan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News