Luar Biasa, Sendratari Ramayana Menginternasional, Tampil 5 Kali di India

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 08:01 WIB
Luar Biasa, Sendratari Ramayana Menginternasional, Tampil 5 Kali di India - JPNN.com Jogja
Pertunjukan Sendratari Ramayana. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pentas seni Sendratari Ramayana memulai kembali pementasan internasional setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19.

Kali ini, pertunjukan yang diselenggarakan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko tampil di lima kota di India pada 5-10 Oktober 2022.

PT TWC bekerja sama dengan KJRI Mumbai dan Steam House Corporation India untuk mementaskan Sendratari Ramayana Kolosal.

Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati mengatakan pertunjukan Sendratari Ramayana Kolosal akan memulai kembali pementasan internasional di beberapa negara.

Menurut dia, untuk pertama kalinya epik Ramayana dipentaskan dalam sebuah rangkaian diplomasi budaya dengan menyatukan sendratari, fesyen dan pengalaman kuliner dalam satu pertunjukan.

"Diplomasi budaya ini bertujuan untuk merayakan dan mempererat hubungan baik Indonesia-India. Salah satu implementasinya adalah kerja sama promosi destinasi wisata sejarah Twin Heritage Program antarkedua negara," katanya.

Ia mengatakan pertunjukan di India digagas oleh KJRI Mumbai dan PT TWC setelah melihat antusiasme dan respons positif masyarakat India dalam pertunjukan virtual sendratari kolosal Ramayana yang digelar langsung di Candi Prambanan pada masa pandemi September 2020.

"Ramayana Ballet Prambanan menggelar enam kali pertunjukan di lima kota yakni Mumbai, Surat, Gandhinagar, New Delhi serta Ayodhya. Ini merupakan lawatan internasional terpanjang dan melibatkan 19 seniman tari dan musik Ramayana Prambanan," ucapnya.

Pertunjukan Sendratari Ramayana mulai kembali mementas di kancah internasional. Kali ini giliran lima kota di India yang menyaksikan cerita Ramayana.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News