Meriahnya Opening Ceremony ATF 2023 di Jogja, Tamu Disambut 1.000 Penari

Minggu, 05 Februari 2023 – 07:32 WIB
Meriahnya Opening Ceremony ATF 2023 di Jogja, Tamu Disambut 1.000 Penari - JPNN.com Jogja
Penampilan dalam opening ceremony ATF 2023. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

Acara pariwisata terbesar di ASEAN itu resmi dibuka pada Jumat malam (3/2) di Candi Prambanan, Sleman, DIY.

ATF adalah kegiatan pariwisata terbesar di kawasan ASEAN yang rutin digelar setiap tahun. Forum itu menjadi ruang kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN untuk mempromosikan wilayah ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata.

Di Candi Prambanan, opening ceremony ATF 2023 dihadiri oleh negara anggota ASEAN dan negara mitra seperti ASEAN Plus Three, India, Rusia, dan beberapa organisasi internasional lainnya.

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin hadir dalam pembukaan tersebut.

Setibanya di Candi Prambanan para delegasi disambut 1.000 penari Dolalak. Tarian Dolalak yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah, ini merupakan wujud akulturasi antara budaya Jawa dan Belanda.

Gerakan dalam tarian ini mengadopsi gerak dansa dan pencak silat Jawa yang diiringi sejumlah alat musik seperti jidhur, kendang, dan terbang.

Para delegasi juga disuguhi tarian Dewa Ruci yang menggambarkan kekuatan dan kegigihan seseorang dalam menemukan dan memahami jati diri.

Para tamu undangan ATF 2023 merayakan opening ceremony di Candi Prambanan. Mereka disuguhi penampilan 1.000 penari dan Sendratari Ramayana.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News