Sempat Vakum 2 Tahun, Anugerah HB IX Akan Kembali Digelar, Ini Kriterianya

Selasa, 01 November 2022 – 10:00 WIB
Sempat Vakum 2 Tahun, Anugerah HB IX Akan Kembali Digelar, Ini Kriterianya - JPNN.com Jogja
Kampus Universitas Gadjah Mada (Foto: Dok. ugm.ac.id)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX Award akan kembali digelar oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Desember 2022, bertepatan dengan dies natalis ke-73.

Anugerah HB IX merupakan penghargaan yang diberikan kepada sosok heroik dengan sisi kemanusiaan dan kebangsaan yang luar biasa seperti yang selama ini diteladani oleh Sultan HB IX.

Penghargaan bergengsi itu sempat vakum dua tahun karena pandemi Covid-19.

Dewan Guru Besar UGM bersama panitia seleksi sudah sowan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan di Yogyakarta, Senin (31/20).

"Kami datang untuk sowan, untuk audensi terkait updating penyelenggaraan Anugerah HB IX Award tahun ini. Kami datang juga untuk meminta nasihat sebagai tambahan untuk nantinya bisa melacak lebih baik lagi," ujar Ketua Dewan Guru Besar UGM Mochammad Maksum.

Proses seleksi tokoh penerima anugerah, kata dia, segera dilakukan dengan nama para calon penerima paling lambat terkumpul pada 10 November 2022.

Setelah sejumlah nama tersaring, kata dia, berikutnya akan dievaluasi dan dikonsultasikan pula kepada Gubernur DIY untuk menentukan siapa yang pantas memperoleh Anugerah HB IX Award.

"Audiensi ini penting bagi kami, apalagi Ngarsa Dalem (Sultan HB X, red.) memberi nasihat agak banyak terkait dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh HB IX. Misalnya, nilai-nilai apa yang harus dicontoh dan dilanjutkan dari HB IX dan ini bisa jadi petunjuk bagi panitia seleksi dan petunjuk juga bagi kita semuanya di UGM," ujar dia.

UGM sedang mempersiapkan penghargaan Anugerah HB IX 2022. Begini kriteria sosok yang pantas mendapatkan penghargaan bergengsi itu.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia