Di UGM, Kasad Dudung Bicara Soal Kepemimpinan Strategis untuk Masa Depan

Senin, 24 Oktober 2022 – 16:04 WIB
Di UGM, Kasad Dudung Bicara Soal Kepemimpinan Strategis untuk Masa Depan - JPNN.com Jogja
Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Foto: Humas TNI AD

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hadir di Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai pembicara dalam acara Executive Lectures Series kelima Sekolah Pascasarjana dan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK), Senin (24/10).

Pada kesempatan itu, Kasad membahas pentingnya Gaya Kepemimpinan Strategis Green Human Resource Management (GHRM) untuk menghadapi era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA).

Menurut Dudung, untuk menghadapi era VUCA dibutuhkan pemimpin yang mampu beradaptasi, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan berani mengambil keputusan berisiko untuk mengantisipasi perubahan demi masa depan yang lebih baik.

“Agar gaya kepemimpinan ini dapat dilaksanakan dengan optimal, diperlukan kemampuan menciptakan lingkungan yang kondusif, nyaman, dan aman, serta lingkungan yang mampu menciptakan energi bagi rekan dalam mencapai tujuan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan GHRM ini, kata dia, pemimpin harus membangun kapasitas dirinya sebagai orang yang dihormati, diidolakan, dikagumi, dicintai, diidamkan dan diharapkan.

Jenderal Dudung mengajak para mahasiswa untuk dapat menyiapkan diri menghadapi era VUCA, dengan menjadi pemimpin yang berani mengambil keputusan serta mampu melibatkan dan memimpin seluruh komponen bangsa dalam mencapai tujuan serta cita-cita bangsa dan negara.

“Kalian harus yakin kepada diri sendiri dengan kemampuan dan pengetahuan yang ada pada diri kalian, bersama kita membangun Indonesia menjadi lebih maju,” ucapnya.

Rektor UGM Prof Ova Emilia dan Dekan Sekolah Pascasarjana UGM Prof Siti Malkhamah menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jenderal Dudung yang bersedia memberikan kuliah umum tentang kepemimpinan strategis kepada para mahasiswa UGM.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hadir di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan bicara soal kepemimpinan masa depan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News