Pakar Komunikasi UGM Jelaskan Keuntungan Memakai TV Digital

Rabu, 09 November 2022 – 13:00 WIB
Pakar Komunikasi UGM Jelaskan Keuntungan Memakai TV Digital - JPNN.com Jogja
Infrastruktur untuk migrasi ke TV digital sudah siap. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menyetop semua siaran TV analog untuk beralih ke TV digital.

Semua penyedia siaran televisi diwajibkan untuk ikut beralih ke TV digital.

Pakar ilmu komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Rahayu menjelaskan sejumlah keuntungan yang didapat dengan peralihan TV analog ke TV digital.

Menurut dia, TV analog selama ini sudah terlanjur dikuasai oleh konglomerat media sehingga konten-konten berkualitas sulit untuk ditumbuhkan.

"Perlu kehadiran TV-TV baru yang dapat menyajikan konten yang lebih beragam dan kreatif," kata Rahayu, Selasa (8/11).

Selain itu, kata dia, kualitas siaran TV digital, khususnya kualitas audio dan visualnya jauh lebih bagus dibanding TV analog.

"Menawarkan lebih banyak variasi konten dan layanan komunikasi lainnya di luar penyiaran. Bagi pemerintah, migrasi ke TV digital juga berpotensi meningkatkan pendapatan nasional," kata dia.

Dengan jumlah spektrum frekuensi digital yang berlipat, menurut dia, dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyelenggarakan penyiaran, terutama penyiaran komunitas dan penyiaran publik yang selama ini cenderung terabaikan.

Masyarakat Indonesia diminta untuk beralih akses dari TV analog ke TV digital. Apa saja keuntungan menggunakan TV digital?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News