Tolong, Kelurahan Bantu Sosialisasi Pengelolaan Sampah Mandiri

Selasa, 15 November 2022 – 10:30 WIB
Tolong, Kelurahan Bantu Sosialisasi Pengelolaan Sampah Mandiri - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pengelolaan Sampah. Foto: dok website KLHK

jogja.jpnn.com, BANTUL - Sampah masih menjadi masalah serius yang harus diselesaikan oleh pemangku kepentingan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemerintah Kabupaten Bantul, DIY, meminta masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah mandiri agar volume sampah yang dibuang ke TPA Piyungan hanya sedikit.

Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul meminta pemerintah desa/kelurahan membantu untuk menyosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Ari Budi Nugroho mengatakan kelurahan bisa menyediakan dana untuk menyosialisasikan upaya penanganan sampah dan mengadakan sarana pengolahan sampah.

"Mohon kelurahan agar mengalokasikan anggaran, misalnya untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang pengurangan volume sampah, termasuk penambahan sarana dan prasarana pengolahan sampah," kata dia, Senin (14/11).

Menurut dia, pemerintah desa/kelurahan bisa memanfaatkan sebagian dari dana Rp 50 juta per pedukuhan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dalam program pemberdayaan masyarakat berbasis pedukuhan (P2MP) untuk mendukung pengolahan sampah di wilayah masing-masing.

"Itu bisa diarahkan ke sana," katanya.

Dia mengatakan bahwa dinas sudah mengundang 75 lurah di wilayah Bantul guna membahas upaya bersama untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA Piyungan.

Pemkab Bantul meminta kelurahan untuk membantu menyosialisasikan pengelolaan sampah mandiri kepada masyarakat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News