5 Jalan Paling Macet di Yogyakarta, 1 Paling Lengang

Kamis, 26 Januari 2023 – 11:23 WIB
 5 Jalan Paling Macet di Yogyakarta, 1 Paling Lengang - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Jalan terpadan di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah melakukan survei dan kajian tentang kinerja lalu lintas di Kota Jogja.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto mengatakan mereka mengukur derajat volume capacity ratio atau VC ratio di 110 ruas jalan di Kota Yogyakarta.

VC ratio adalah kemampuan ruas jalan untuk menampung arus atau volume lalu lintas yang ideal dalam satuan waktu tertentu. Dinyatakan jumlah kendaraan yang melewati potongan jalan tertentu dalam satu jam atau dengan mempertimbangan berbagai jenis kendaraan yang melalui suatu jalan.

Berdasarkan hasil kajian, ada lima jalan di Kota Yogyakarta yang memiliki VC ratiao tertinggi, yaitu di Jalan Gejayan, Jalan Suroto, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Pierre Tendean, dan Jalan Taman Siswa.

"Dari hasil survei dan kajian kami, Jalan Gejayan menjadi yang tertinggi, mencapai 1,23," kata Golkari pada, Rabu (25/1).

Di Jalan Suroto dari utara ke selatan nila VC rastio adalah 0,9; Jalan Laksda Adisucipto dari timur ke barat 0,8 dan dari barat ke timur 1,05, Jalan Pierre Tendean dari utara ke selatan memiliki derajat kejenuhan 1,1 dan Jalan Taman Siswa dengan derajat kejenuhan 0,9.

"Derajat kejenuhan lebih dari 1, bisa dikatakan jalan sudah macet, sudah sangat padat. Akan tetapi, pada kenyataannya memang masih ada waktu-waktu tertentu dengan tingkat kepadatan yang lebih rendah," katanya.

Dia mengatakan ada satu jalan di Yogyakarta yang paling lengang karena memiliki nilai VC ratio yang rendah, yaitu di Jalan Polisi Istimewa dengan karena tingkat kejenuhannya hanya 0,08.

Dishub Yogyakarta telah mengukur mana jalan paling macet dan mana yang paling lengang. Ini daftarnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia