Kemenkeu Sedang Jadi Sorotan, Kagama Tuntut Reformasi Struktural

Selasa, 28 Februari 2023 – 19:01 WIB
Kemenkeu Sedang Jadi Sorotan, Kagama Tuntut Reformasi Struktural - JPNN.com Jogja
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Keuangan RI saat ini sedang jadi sorotan masyarakat karena kasus penganiayaan yang dilakukan oleh anak pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, Mario Dandy Satrio.

Buntut dari kejadian itu, kekayaan yang dimiliki oleh Rafael Alun pun jadi sorotan. Pejabat pajak lainnya yang doyan pamer harta juga tidak luput dari perhatian warganet.

Kejadian itu membuat Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Universitas Gadjah Mada (UGM) mendesak agar Kemenkeu mereformasi struktural lembaga Direktoral Pajak.

Ketua Kagama Filsafat Charris Zubair mengatakan reformasi struktural diperlukan agar kepercayaan masyarakat terhadap pejabat pajak tidak terus tergerus.

"Kasus itu telah berkembang menjadi sesuatu yang menggerus kepercayaan masyarakat terhadap kantor pajak," kata dia di UGM, Senin (27/2).

Menurut Charris, reformasi struktural secara menyeluruh diperlukan agar tidak ada lagi ruang bagi pegawai pajak yang menjadi luar biasa kaya dengan cara tidak patut.

Kagama Filsafat juga menginginkan Kementerian Keuangan agar lebih transparan dan melakukan pembatasan internal untuk kewenangan luar biasa yang dimiliki oleh Ditjen Pajak.

"Kewenangan yang berlebihan cenderung korup, apalagi jika mekanisme pengawasan yang tidak mumpuni dan tidak transparan," ujar dia.

Kemenkeu sedang jadi sorotan karena kasus penganiayaan dan gaya hidup para pejabatnya. Kagama meminta lembaga itu direformasi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia