Sultan Menjajal Becak Listrik, Mengayuhnya Kini Tak Lagi Berat

Selasa, 21 Maret 2023 – 09:01 WIB
Sultan Menjajal Becak Listrik, Mengayuhnya Kini Tak Lagi Berat - JPNN.com Jogja
Sultan HB X saat mencoba becak listrik. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang mengembangkan proyek becak bertenaga listrik agar moda transportasi itu lebih ringan saat dikayuh.

Proyek becak listrik itu bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Balai Pengembangan Teknologi Tepat Guna (BPTTG), dan Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta.

Ada 17 percontohan becak listrik yang dipamerkan di halaman Kompleks Kepatihan pada Senin (20/3).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X hadir langsung dan menjajal becak bertenaga listrik itu.

Menurut Sultan, proyek tersebut penting dilakukan untuk mengurangi beban pengayuh becak saat mengantar wisatawan berkeliling Jogja.

Modifikasi pada becak kayuh diperlukan untuk menyesuaikan kondisi struktur kemiringan dan ketinggian jalan di kawasan perkotaan di DIY.

Misalnya, di jalur wisata dari Keraton Yogyakarta menuju Tugu Pal Putih terdapat perbedaan ketinggian yang cukup signifikan, yaitu sekitar 35 sampai 40 meter hanya dalam jarak 2 km saja.

Dengan ditambahkan dinamo pada becak, Sultan berharap beban yang dikayuh oleh menjadi lebih ringan.

Jogja akan segera memiliki becak bertenaga penguat listrik. Gubernur DIY Sultan HB X telah menjajal salah satu proyek pencontohan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News