Ratusan Penari Lokal dan Mancanegara Bakal Berkumpul di Jogja, Ada Acara Penting

Kamis, 27 April 2023 – 18:59 WIB
Ratusan Penari Lokal dan Mancanegara Bakal Berkumpul di Jogja, Ada Acara Penting - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Peringatan Hari Tari Dunia. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ratusan penari dari dalam dan luar negeri akan berkumpul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (29/4) untuk memperingati Hari Tari Dunia 2023.

Dinas Kebudayaan DIY mencatat tidak kurang dari 450 penari lintas generasi akan menyemarakkan gelaran acara Jogja Joged (Joged) 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan selain penari lokal, seniman mancanegara asal Jepang, Ekuador, dan Jerman juga bakal bersedekah tarian dengan mengusung tema kearifan lokal.

"Momen luar biasa bagi DIY ini bertujuan menjadi ajang silaturahmi seniman tari, sekaligus menguatkan dan meyakinkan diri, komunitas, dan kami selaku area wilayah budaya," katanya.

Sebagai salah satu kota budaya sekaligus bagian dari masyarakat tari dunia, lanjutnya, Yogyakarta perlu melakukan apresiasi perayaan Hari Tari Internasional tersebut.

"Seni tari menjadi bagian yang penting serta berkontribusi meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan di DIY," ujar Dian.

Jogja Joged 2023 akan dipusatkan di Kabupaten Kulon Progo. Sebelumnya, acara serupa pernah digelar di Kota Yogyakarta pada 2021 dan Bantul pada 2022.

"Banyak tokoh-tokoh besar alias para maestro tari akan berkolaborasi dan terlibat nantinya," ujar dia.

Tidak kurang dari 450 penari dari dalam dan luar negeri akan berkumpul di Jogja untuk memperingati Hari Tari Dunia 2023 pada Sabtu (29/4).
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia