UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Buka Jalur Seleksi Berbasis Sistem Elektronik, Apa Itu?

Senin, 08 Mei 2023 – 18:36 WIB
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Buka Jalur Seleksi Berbasis Sistem Elektronik, Apa Itu? - JPNN.com Jogja
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Foto: Dok. UIN Yogyakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri di Yogyakarta bisa mendaftar ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Saat ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sedang membuka pendaftaran calon mahasiswa menggunakan jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Ketua Admisi UIN Yogyakarta Aulia Faqih Rifa'i mengatakan UM-PTKIN berbasis SSE bisa diikuti siswa kelas 12 atau lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat tahun 2021 dan 2022.

"Setelah sukses menjadi nomor satu dengan pendaftar terbanyak pada jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN)-PTKIN tahun 2023, UIN Sunan Kalijaga juga membuka jalur UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis SSE," katanya pada Senin (8/5).

Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai rapor dan portofolio, proses seleksi UM-PTKIN berbasis SSE sehingga ujian dilaksanakan menggunakan komputer online-onsite.

"Bagi yang belum lolos jalur SPAN-PTKIN pun bisa mendaftar melalui jalur UM-PTKIN. Pada jalur ini calon peserta ujian harus membayar biaya pendaftaran Rp 200 ribu dengan pilihan maksimal tiga program studi (prodi)," katanya.

UIN Sunan Kalijaga saat ini memiliki 65 prodi yang terdiri dari 41 prodi jenjang sarjana (24 prodi keagamaan dan 17 prodi umum), 18 prodi jenjang magister, serta enam prodi untuk jenjang doktor.

Sebelum ujian SSE pada 29 Mei sampai 8 Juni 2023, peserta akan mengikuti uji coba SSE pada 22-24 Mei untuk simulasi guna memastikan saat ujian nanti berjalan lancar. Untuk hasil UM-PTKIN akan diumumkan pada 23 Juni 2023.

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Jogja bisa mendaftar ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggunakan jalur seleksi berbasi sistem elektronik.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia