3 Komponen Pendongkrak Pariwisata Indonesia, KTT ASEAN Berperan Penting

Rabu, 10 Mei 2023 – 13:11 WIB
3 Komponen Pendongkrak Pariwisata Indonesia, KTT ASEAN Berperan Penting - JPNN.com Jogja
Wisatawan sedang menikmati pagi di Punthuk Setumbu. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN. KTT akan berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Penyelenggaraan KTT ASEAN bisa menjadi momentum penting untuk mendongkrak pariwisata di Indonesia.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta Deddy Pranowo Eryono mengatakan penyelenggaraan KTT ASEAN bisa membuktikan bahwa Indonesia aman dikunjungi wisatawan mencanegara.

"Kami berharap KTT ASEAN bisa menjadi branding bahwa Indonesia itu aman, nyaman, dan layak dikunjungi," kata Deddy, Selasa.

Menurut Deddy, Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah KTT ASEAN dapat memanfaatkan posisinya untuk mempromosikan berbagai potensi pariwisata yang dimiliki, termasuk yang ada di Yogyakarta.

Selain itu, Pemerintah RI juga perlu meyakinkan negara-negara anggota ASEAN bahwa dinamika politik dan keamanan di Indonesia cukup stabil.

"Keamanan, politik, kemudian ekonomi. Tiga komponen ini menjadi ujung tombaknya pariwisata," kata dia.

Menurut Deddy, keamanan Indonesia perlu ditekankan karena sebelumnya PHRI DIY mendapat informasi bahwa beberapa wisatawan mancanegara menunda perjalanan ke Indonesia karena khawatir tahun politik mempengaruhi stabilitas keamanan di tanah air.

PHRI DIY meminta pemerintah memastikan KTT ASEAN berlangsung lancar agar bisa mendongkrak pariwisata Indonesia.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia