PHRI DIY Ungkap Okupansi Hotel pada Liburan Akhir Tahun

Jumat, 28 Oktober 2022 – 18:15 WIB
PHRI DIY Ungkap Okupansi Hotel pada Liburan Akhir Tahun - JPNN.com Jogja
Ketua PHRI DIY Deddy Eryana. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Hotel-hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diprediksi bakal ramai pada libur panjang akhir tahun.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY mengungkapkan bahwa telah terjadi kenaikan okupansi dan reservasi hotel pada libur akhir tahun hingga 80 persen.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana mengatakan mereka akan berusaha terus menggenjot okupansi hotel hingga akhir tahun.

Menurut dia, tingkat okupansi dan reservasi hotel yang terus membaik disebabkan berbagai faktor, seperti banyaknya event yang digelar di Yogyakarta. Hal itu mendukung tingkat kunjungan wisata dan hunian hotel, termasuk restoran.

Meskipun sempat mengalami penurunan pada September pascakenaikan harga bahan bakar minyak, tetapi kondisinya saat ini sudah mulai pulih.

Okupansi yang semula sekitar 50 persen sempat turun menjadi 30 persen. Namun, tingkat okupansi hotel pada bulan ini sudah kembali membaik yaitu rata-rata sekitar 70-80 persen dan reservasi pada November sekitar 60 persen.

“Tren kenaikan hingga akhir 2022 ini cukup baik, tetapi kami juga tetap harus waspada dengan proyeksi ekonomi pada 2023 yang disebut mengalami resesi global. Kami masih wait and see,” katanya.

Pada Januari 2023, PHRI DIY juga mencatat reservasi sekitar 30-40 persen. “Awal tahun adalah masa-masa yang rawan, terlebih daya beli masyarakat juga belum sepenuhnya pulih,” katanya.

PHRI DIY menyebut bahwa tingkat okupansi hotel-hotel di Jogja akan meningkat pada libur panjang akhir tahun.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia