Perbaikan Jalan Jadi Prioritas Pembangunan di Bantul

Senin, 31 Juli 2023 – 09:05 WIB
Perbaikan Jalan Jadi Prioritas Pembangunan di Bantul - JPNN.com Jogja
Jalan ambles di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Perbaikan jalan di tingkat desa akan menjadi prioritas pembangunan infrastruktur Pemerintah Kabupaten Bantul pada 2023 dan 2024.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan infrastruktur tingkat pedesaan sangat penting untuk menunjang tumbuhnya perekonomian masyarakat.

"Pemerintah daerah mengambil strategi untuk memprioritaskan infrastruktur perdesaan menuju akses ekonomi yang memiliki potensi kesejahteraan rakyat yang cukup besar," katanya pada Minggu (30/7).

Bupati mengatakan bahwa sejak tahun ini sudah dimulai pengadaan barang dan jasa untuk proyek infrastruktur jalan di pedesaan. Pemkab Bantul ingin akses masyarakat menuju pusat perekonomian menjadi lancar.

Di Bantul, ujar Halim, terdapat banyak potensi perekonomian tingkat desa baik itu berupa industri kreatif, kuliner, pertanian hingga pariwisata.

"Pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan pada 2024. Tidak hanya jalan, tetapi juga jaringan irigasi pertanian, jembatan dan infrastruktur lainnya untuk kesejahteraan masyarakat," kata Bupati.

Dia mengatakan saat ini pemerintah daerah sudah lebih leluasa mengalokasikan anggaran untuk infrastruktur karena tidak ada lagi kebutuhan dana darurat seperti saat pandemi Covid-19.

Beberapa pekerjaan infrastruktur pedesaan yang saat ini sedang proses berjalan di Bantul di antaranya pembangunan ruas jalan Kebun Buah Mangunan, ruas jalan Banjarharjo-Sanggrahan, dan Jembatan Dagaran Palbapang.

Pemkab Bantul ingin agar perbaikan infrastruktur tingkat pedesaan jadi prioritas pembangunan tahun ini dan tahun depan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News