Kualitas Air 3 Sungai di Jogja Lampaui Ambang Batas Baku Mutu

Selasa, 15 Agustus 2023 – 12:02 WIB
Kualitas Air 3 Sungai di Jogja Lampaui Ambang Batas Baku Mutu - JPNN.com Jogja
DLH Kota Yogyakarta selama seminggu melakukan pemantauan kualitas air di tiga sungai. Foto: DLH Kota Yogyakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta selama seminggu melakukan pemantauan kualitas air di tiga sungai.

Tiga sungai yang melewati Kota Jogja itu adalah Kali Code, Gajahwong dan Winongo.

Hasil pantauan DLH menyebutkan kualitas air sungai di Kota Yogyakata melampaui ambang batas baku mutu atau cenderung berat. 

Menurut Analis Kebijakan DLH Kota Yogyakarta Intan Dewani, salah satu faktornya adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah atau limbah ke sungai.

"Sampai saat ini masih cenderung berat, bisa disebabkan oleh cemaran limbah domestik rumah tangga yang mengakibatkan adanya bakteri Escherichia coli," kata Intan.

Intan berharap tidak hanya gerakan pilah sampah yang digalakan, tetapi kepedulian masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

"Saya menghimbau warga agar tidak membuang sampah atau limbah ke sungai. Jika hulu saja banyak yang membuang sampah akan terkena ke hilir dan berdampak kembali kepada masyarakat," ujarnya. 

Sub Koordinator Kelompok Substansi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja Kesehatan Olahraga (KLKKKO) Nur Wara Gunarsih mengatakan sampah yang dibuang ke sungai akan berpengaruh pada kualitas air sungai atau badan air.

Begini hasil pemantauan dinas lingkungan hidup terhadap kualitas air di tiga Sungai yang melintasi Kota Jogja.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia