PDAM Kulon Progo Bangun Instalasi Air Bersih, dapat Bantuan Rp 7 Miliar dari Pusat

Senin, 11 September 2023 – 12:53 WIB
PDAM Kulon Progo Bangun Instalasi Air Bersih, dapat Bantuan Rp 7 Miliar dari Pusat - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Istalasi air bersih di Kulon Progo. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - PDAM Tirta Binangun di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang membangun instalasi air bersih untuk ratusan keluarga di kawasan Bukit Menoreh.

Pembangunan itu menyusul bantuan infrastruktur instalasi senilai Rp 7 miliar dari pemerintah pusat.

Direktur PDAM Tirta Binangun, Djumantoro, mengatakan bantuan tersebut untuk pembangunan infrastruktur lengkap dari pemasangan instalasi hingga sambungan rumah.

"Pemasangan sambungan rumah sebanyak 120 KK (kepala keluarga). Khusus di Samigaluh mendapat alokasi 50 SR," kata Djumantoro.

Djumantoro mengatakan mereka sudah mulai membangun instalasi sejak awal 2023 dengan kapasitas air 80 liter per detik.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk menyiapkan daftar warga yang mendapat bantuan pemasangan sambungan rumah secara gratis," katanya.

Lebih lanjut, Djumantoro mengatakan pemerintah pusat juga melanjutkan pembangunan instalasi air bersih SPAM Kamijoro. SPAM Kamijoro ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Bandara Internasional Yogyakarta, hotel-hotel di kawasan bandara, sambungan rumah dan kawasan Industri Sentolo.

"Kelanjutan pembangunan dilakukan pada 2024 dengan kapasitas 150 liter per detik," katanya.

PDAM Tirta Binangun sedang membangun instalasi air bersih untuk masyarakat di kawasan bukit menoreh setelah mendapat bantuan Rp 7 miliar dari pemerintah pusat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News