FKY 2023 Ambil Tema Besar Soal Ketahanan Pangan

Rabu, 13 September 2023 – 18:10 WIB
FKY 2023 Ambil Tema Besar Soal Ketahanan Pangan - JPNN.com Jogja
Jumpa pers jelang penyelenggaraan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2023 di Kompleks Kepatihan pada Selasa (12/9). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2023 akan kembali digelar dengan mengambil fokus pada tema ketahanan pangan.

FKY 2023 akan dilaksanakan pada 24 September-15 Oktober 2023 di Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Sekretaris DIY Beny Suharsono mengatakan dengan tema FKY 2023 Kembul Mumbul ini semua diajak untuk merasakan kebersamaan, saling toleransi dan kesepadanan.

"Kami mengajak semua untuk mengupayakan berbagai pertemuan, sekaligus merenungkan beragam persoalan ketahanan pangan yang sama-sama kita alami. Hari-hari ini pangan telah menjadi persoalan kolektif yang menguji solidaritas antarwarga ketika terjadi bencana dan krisis di suatu tempat,” kata Beny pada Selasa (12/9).

Dalam konteks budaya Jawa, kata Beny, Kembul Mumbul dimaknai sebagai aktivitas memakan nasi dan berbagai macam lauk pauk di satu media saji yang sama.

"Secara mendasar Kembul Mumbul dapat dipahami sebagai upaya kami untuk menarik perhatian dari warga tentang pentingnya rasa saling berbagi," katanya. 

Melalui penyelenggaraan ini diharapkan mampu menjadi penghubung beragam subjek, gerak maupun hasil kebudayaan yang lahir dan tumbuh di DIY.

"Semoga penyelenggaraan FKY 2023 dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan,” katanya. 

Festival Kebudayaan Yogyakarta 2023 akan kembali digelar pada 24 September-15 Oktober 2023 di Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia