Aplikasi Qwhizy Karya Mahasiswa UNY Bikin Belajar Al-Qur'an Lebih Mudah

Kamis, 02 November 2023 – 21:15 WIB
Aplikasi Qwhizy Karya Mahasiswa UNY Bikin Belajar Al-Qur'an Lebih Mudah - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Menghafal Al-Qur'an. ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat aplikasi Qwhizy.

Aplikasi Qwhizy ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin menghafal Al-Qur'an dengan cara yang mudah.

Ketua Tim Fisabillah dan pemrakarsa Qwhizy Apry Aditya mengatakan aplikasi itu didesain untuk membantu pengguna agar terampil dalam menghafal Al-Qur'an.

“Aplikasi ini adalah sebuah platform untuk menghafal Al-Qur'an berbasis Android yang menerapkan metode takrir untuk mempermudah proses menghafal," katanya, Kamis (2/11).

Selain memberikan pendekatan interaktif dan menyenangkan bagi pengguna, Qwhizy diharapkan pula meningkatkan minat generasi muda dalam menghafal Al-Qur'an.

Pembimbing projek Qwhizy Hamdhan Djainudin mengatakan aplikasi tersebut juga menggabungkan unsur pendidikan yang mendalam.

“Metode takrir yang diterapkan dalam game ini dirancang untuk merangsang daya pikir kritis, kreativitas dan kemampuan problem solving para penggunanya," ujar Hamdhan.

Aplikasi karya mahasiswa UNY ini nanti akan diuji dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) di Universitas Brawijaya pada 3-10 November 2023. Mahasiswa UNY menjadi salah satu finalis. (mcr25/jpnn)

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merancang aplikasi Qwhizy untuk mempermudah pengguna belajar Al-Qur'an..

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News