Dosen UNY Turun Langsung Dampingi Guru SD Bikin Bahan Ajar

Selasa, 15 Agustus 2023 – 11:36 WIB
Dosen UNY Turun Langsung Dampingi Guru SD Bikin Bahan Ajar - JPNN.com Jogja
Dosen-dosen UNY saat memberi pelatihan kepada guru-guru di Magelang. Foto: Humas UNY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah dosen dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberi pelatihan dan mendampingi para guru sekolah dasar untuk membuat bahan ajar profil pelajar Pancasila 2023.

Kegiatan itu berlangsung selama enam bulan di Pusat Kegiatan Guru (PKG) Koordinator Wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua kelompok pengabdian masyarakat PGSD UNY Hendra Prasetia mengatakan mereka telah menggelar kegiatan itu sejak April 2023 dan akan berakhir pada Oktober 2023.

Selain Hendra, dosen-dosen UNY yang terlibat antara lain, Suparlan, Fathurrohman, Unik Ambar Wati, Prof E Kus Eddy Sartono dan Prof Wuri Wuryandani.

“Pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk nyata bahwa para akademisi secara praktis ikut berkontribusi pada praktik pembelajaran di sekolah sehingga mampu memajukan pendidikan disetiap jenjang,” kata Hendra, Selasa (10/08).

Dia mengatakan para dosen dan guru besar UNY akan melatih guru-guru SD agar terampil dalam menyusun bahan ajar yang bermuatan profil pelajar Pancasila sesuai dengan kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan.

Hendra mengatakan bahwa bahan ajar perlu disusun dengan baik agar kurikulum merdeka belajar terimplementasi dengan baik. Selama proses pelatihan berlangsung, banyak guru-guru SD yang menyampaikan kesulitan dan hambatan mereka saat menyusun bahan ajar.

“Harapan para akademisi, kegiatan ini dapat membantu guru untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah dalam penerapan kurikulum merdeka melalui bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini," ujar dia.

Dosen-dosen UNY menggelar pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar kepada guru-guru SD di Magelang, Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News