Instansi Pemerintahan di DIY Paling Banyak Dikeluhkan Masyarakat Sepanjang 2023

Sabtu, 30 Desember 2023 – 11:26 WIB
Instansi Pemerintahan di DIY Paling Banyak Dikeluhkan Masyarakat Sepanjang 2023 - JPNN.com Jogja
Kepala Ombudsman RI DIY Budhi Masthuri. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sepanjang 2023 Perwakilan Ombudsman RI (ORI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat ada 729 orang yang mengakses layanan pengaduan mereka.

Bila diperinci, sebanyak 502 orang berkonsultasi, 190 orang menyampaikan laporan dan 37 orang lainnya menyampaikan informasi melalui tembusan surat.

Dalam catatan akhir tahun yang baru saja dirilis ORI DIY, pelayanan pemerintah daerah paling banyak mendapat sorotan masyarakat. 

"Pemerintah daerah di DIY menjadi instansi yang paling banyak dikeluhkan pelayanannya oleh masyarakat," kata Kepala ORI DIY Budhi Masthuri dalam siaran persnya. 

Total pada 2023 ini pemerintah daerah di DIY tercatat mendapatkan 287 keluhan dari masyarakat. Jumlah tersebut naik cukup signifikan dari tahun sebelumya, yaitu 108 keluhan pada 2021 dan 154 keluhan pada 2022. 

Pemerintah Kabupaten Sleman menjadi institusi di DIY yang paling banyak dikeluhkan, yaitu sebanyak 25 laporan. Kemudian,  Pemda DIY 18 laporan, Pemkab Gunungkidul sebanyak 15 laporan, Pemkot Yogyakarta 13 laporan, Pemkab Kulon Progo dan Bantul sebanyak tujuh laporan. 

Diantara keluhan pelayanan tersebut, sektor pendidikan masih paling menonjol sejauh.

"Pendidikan masih menjadi isu pelayanan publik yang menonjol pada tahun ini," kata Budhi. 

Laporan akhir tahun ORI DIY mencatat sejumlah instansi pemerintahan yang paling banyak dikeluhkan masyarakat. Apa saja.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia