Ada 12 Juta Pergerakan Orang Selama Libur Akhir Tahun di Jogja

Selasa, 02 Januari 2024 – 20:15 WIB
Ada 12 Juta Pergerakan Orang Selama Libur Akhir Tahun di Jogja - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Total pergerakan orang di Jogja selama libur akhir tahun. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024 ada lebih dari 12 juta orang yang melakukan pergerakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mengacu pada data dari Dinas Perhubungan DIY, total pergerakan masyarakat selama libur akhir tahun mencapai 12.224.981 orang.

Jumlah tersebut didapat selama rentang 22 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024. Ada yang menggunakan transportasi umum, ada pula yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Ini karena kemudahan akses, terutama untuk kendaraan pribadi. Ada pula wisata baru di Yogyakarta sehingga menarik orang berkunjung," ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub DIY Sumariyoto.

Menurut Sumariyoto, kemudahan akses itu antara lain didukung operasional tol fungsional Solo-Jogja selama musim libur akhir tahun mulai dari Exit Tol Colomadu sampai STA 13 di Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.

"Selain itu jalan-jalan nasional di DIY juga 98 persen dalam kondisi mantap," ujar dia.

Jumlah pergerakan orang tersebut melampaui prediksi Kementerian Perhubungan RI yang sebelumnya memperkirakan mencapai 9,8 juta orang di DIY.

Berdasarkan pemetaan jalur yang dilalui masyarakat, menurut dia, mayoritas datang dari arah timur atau Prambanan.

Dishun DIY mencatat ada lebih dari 12 juta pergerakan orang selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia