Publikom Gama akan Gelar Diskusi tentang Problematika Penggunaan AI

Kamis, 22 Februari 2024 – 21:07 WIB
Publikom Gama akan Gelar Diskusi tentang Problematika Penggunaan AI - JPNN.com Jogja
Ilustrasi teknologi (artificial intelligence) (ANTARA/Shutterstock)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Paguyuban Alumni Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (Publikom Gama) akan menggelar seminar bertajuk "Artificial Intelligence dan Transformasi Dunia Komunikasi" pada Sabtu (24/2) di Gedung GPO TVRI Stasiun Pusat, Senayan, Jakarta.

Ketua Umum Publikom Gama Imam Wahyudi mengatakan seminar itu adalah bagian dari rangkaian acara Kongres II Publikom Gama.

Menurut Imam, tema seminar itu dipilih karena saat ini sudah banyak media dan wartawan yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memproduksi berita.

AI juga sering digunakan untuk membantu menyelesaikan problem hubungan media, pemasaran, periklanan dan sebagaimanya.

”Seminar ini digelar sebagai kontribusi pemikiran Publikom Gama terkait urgensi merespons kehadiran AI yang telah memunculkan peta baru permasalahan komunikasi dan informasi,” kata Imam dalam rilisnya kepada awak media, Kamis (22/2).

Rencananya, seminar itu akan menghadiskan sejumlah pembicara, seperti Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Prof. Henri Subiakto, Dosen Departemen Ilmu Komunikasi UGM Mufti Nurlatifah, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia Janoe Arijanto, Ketua Dewan Pengawas LPP TVRI Agus Sudibyo, serta presenter dan sociopreneur Nadia Mulya.

Imam Wahyudi mengatakan bahwa kehadiran AI merupakan titik kulminasi perkembangan teknologi digital hari ini.

"Dunia komunikasi telah mengalami perubahan dramatis berkat transformasi digital,” tuturnya.

Berbagai problematika penggunaan AI di dunia media massa dan komunikasi akan dibahas dalam seminar yang digelar oleh Publikom Gama pada Sabtu, 24 Februari 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News