Mahasiswa ISI Angkat Perjuangan Perempuan dalam Budaya Patriarkis Lewat Drama Musikal

Selasa, 21 Mei 2024 – 09:01 WIB
Mahasiswa ISI Angkat Perjuangan Perempuan dalam Budaya Patriarkis Lewat Drama Musikal - JPNN.com Jogja
Latihan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta jelang penampilan di panggung Si Boru Tumbaga. Foto: Elton Maldo

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta akan menggelar pertunjukan drama musikal pada 29 Mei 2024.

Pertunjukan bertajuk Si Boru Tumbaga: Memperjuangkan Keadilan dan Kekuatan Perempuan dalam Budaya Batak dijadwalkan berlangsung di panggung Rendra Teater ISI Yogyakarta.

Pimpinan Produksi Elton Maldo mengatakan drama musikal ini pertama di Yogyakarta dengan menampilkan full nyanyian dari awal hingga akhir.

"Naskahnya naskah batak dan konsepnya itu barat, tetapi musiknya batak modern," ujar Elton, Senin (20/5).

Mahasiswa jurusan teater tersebut mengatakan pertunjukan Si Boru Tumbaga bakal menyuguhkan penampilan memukau dan nyanyian penuh emosi.

Penonton akan diajak menyelami perjuangan perempuan dalam budaya batak yang patriarkis.

"Dalam pertunjukan ini akan disuguhkan dengan konflik yang menggugah dan pesan kuat tentang pentingnya menghargai perempuan dalam masyarakat," katanya.

Penulis cerita asli adalah Tilhang Gultom yang menciptakan karya ini dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan menggambarkan kekuatan wanita dalam menghadapi sistem patriarki. (mcr25/jpnn)

Mahasiswa ISI Yogyakarta akan menggelar drama musikal mengangkat perjuangan perempuan dalam budaya batak yang patriarkis.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News