Hewan Kurban Asal Gunungkidul Meningkat 2 Kali Lipat

Selasa, 28 Mei 2024 – 10:57 WIB
Hewan Kurban Asal Gunungkidul Meningkat 2 Kali Lipat - JPNN.com Jogja
Tim TPID memantau hewan kurban di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (27/5). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (APSDA) DIY Yuna Pancawati mengeklaim ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Gunungkidul mencukupi menjelang Iduladha 1444 Hijriah.

Kabupaten Gunungkidul bahkan disebut siap memasok kebutuhan hewan kurban ke daerah lain.

“Tahun ini meningkat jumlahnya, yang dahulu hanya sekitar 300 sampai 350 ekor sapi dan kambing, tahun ini hewan kurban yang tersedia kurang lebih 800 ekor sapi dan kambing,” kata Yuna, Senin (27/5).

Yuna dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY memantau langsung di Pasar Hewan Siyono, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Lebih lanjut, terkait kesehatan hewan kurban tersebut telah setiap harinya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) setempat.

"Terjamin untuk kesehatan hewan kurban di sini. Dari mulai datang sudah ada pemeriksaan di pos lalu lintas hewan ternak di Kalurahan Sambirejo, Ngawen,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Pemkab Gunungkidul, Sri Suhartanta menambahkan Gunungkidul menyediakan hewan kurban yang berkualitas baik, sehat dan harga yang terjangkau.

“Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sangat siap akan ketersediaan hewan kurban. Pemda juga sudah menyatakan siap memfasilitasi terkait dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang nantinya diperlukan. Jadi, insyaalah kami sudah siap menyongsong Iduladha tahun ini,” katanya. (mcr25/jpnn)

Tim TPID memastikan ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Gunungkidul mencukupi dan diyakini meningkat dua kali lipat tahun ini.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News