Menjelang Libur Panjang, Dishub DIY Sidak Bus-Bus Pariwisata

Rabu, 29 Mei 2024 – 15:34 WIB
Menjelang Libur Panjang, Dishub DIY Sidak Bus-Bus Pariwisata - JPNN.com Jogja
Penampakan bus pariwisata yang terguling di ruas Jalan Imogiri-Mangunan, tikungan Wanagama Bawah Bukit Bego, Kelurahan Wukirsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Penyedia jasa angkutan bus pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan disidak secara berkala oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) setempat.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bus yang digunakan untuk berwisata layak jalan dan memenuhi dokumen-dokumen yang diperlukan.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub DIY Sumariyoto mengatakan pengawasan terhadap bus-bus pariwisata sudah dilakukan sejak adanya kasus kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat.

Menjelang libur panjang sekolah pada Juni-Juli 2024, Sumariyoto mengatakan mereka tidak ingin terjadi kecelakaan bus di wilayah Jogja.

"Setiap libur panjang kami selalu menugaskan teman-teman untuk melakukan pemantauan di lapangan," ujar dia.

Sumariyoto mengakui masih menemukan sejumlah bus pariwisata yang tidak memiliki dokumen lengkap berdasar hasil "ramp check" yang telah dilakukan selama dua kali momen libur panjang pada Mei 2024.

"Selain menanyakan dokumen kami juga mengimbau awak bus untuk ikut bertanggung jawab menjaga keselamatan penumpang," kata dia.

Terkait kelayakan bus pariwisata, menurut Sumariyoto, masyarakat atau calon penumpang sejatinya dapat melakukan pengecekan mandiri melalui laman Mitra Darat dari Kemenhub atau bertanya langsung ke pool bus.

Dinas Perhubungan DIY akan memeriksa kelayakan dan dokumen bus-bus pariwisata yang ada di Jogja. Kecelakaan bus tidak boleh terjadi saat masa libur sekolah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News