18 Sumur Disiapkan untuk Sawah Baru di Pinggir Kali Progo

Jumat, 07 Juni 2024 – 18:49 WIB
18 Sumur Disiapkan untuk Sawah Baru di Pinggir Kali Progo - JPNN.com Jogja
Ilustrasi -Sawah: Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebanyak 18 sumur disiapkan untuk mengairi sawah baru di lahan tidak produktif pinggir Sungai Progo.

Lahan pertanian yang dibangun oleh pihak kepolisian itu membutuhkan saluran irigasi untuk mengairi padi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul Joko Waluyo mengatakan mereka telah menyiapkan 18 mesin pompa untuk mengalirkan air dari sumur ke sawah.

Sawah yang terletak di tepi Sungai Progo wilayah Pedukuhan Ngentak, Kelurahan Poncosari, Bantul itu merupakan bagian dari program ketahanan pangan Polri, bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Menurut Joko, petani nantinya bisa memanfaatkan sumur untuk sumber irigasi pertanian dan pompa air serta pupuk yang disiapkan pemerintah pada lahan tersebut untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat.

"Keberadaan lahan baru tersebut nanti harapan kami dapat dimanfaatkan masyarakat petani untuk kegiatan pertanian, baik untuk tanaman pangan maupun tanaman palawija," katanya.

Menurut dia, untuk sementara ini lahan pertanian yang siap ditanami seluas 7,2 hektare, tetapi ke depan akan dikembangkan hingga seluas 25 hektare pada lahan tidak produktif yang belum pernah ditanami tanaman pangan.

"Dengan lahan pertanian baru ini berarti di Bantul ada tambahan lahan pertanian baku, total lahan baku di wilayah Bantul saat ini seluas 14 ribu hektare," katanya.

Dinas Pertanian Bantul menyiapkan 18 sumur sebagai sumber irigasi lahan pertanian baru di pinggi Kali Progo.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia