Cara Dinas Pertanian Meningkatkan Produksi Padi di Bantul

Kamis, 30 Mei 2024 – 18:28 WIB
Cara Dinas Pertanian Meningkatkan Produksi Padi di Bantul - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Lahan pertanian di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ingin meningkatkan produksi pertanian padi dengan cara meningkatkan indeks pertanaman (IP).

Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo mengatakan bahwa luas lahan baku di Bantul saat ini sekitar 14 ribu hektare.

Saat ini, kata dia, mereka ingin menggencarkan indeks KP yang semula hanya satu kali masa tanam menjadi dua kali masa tanam dalam setahun.

Menurut dia, dengan pasokan air yang cukup lahan pertanian yang tadinya ditanami padi dua kali bisa ditingkatkan menjadi tiga kali dalam setahun.

"Tentu dengan bantuan pompa air yang sudah diberikan kepada kelompok tani untuk menaikkan sumber air," katanya pada Kamis (30/5).

Joko mengatakan hingga saat ini Kabupaten Bantul telah menyalurkan bantuan pompa air untuk kelompok tani sebanyak sekitar 5 ribu lebih, bantuan alat mesin pertanian itu juga terus diberikan untuk petani Bantul.

"Makanya kami di 2024, sampai bulan ini sudah mendapat pompa air dari kementerian yang turun Minggu lalu sebanyak 52 unit ditambah lima unit, jadi totalnya ada 57 unit pompa air yang telah disalurkan ke petani," katanya.

Menurut Joko, bantuan pompa air dari pemerintah tersebut diprioritaskan untuk perluasan areal tanam padi di Bantul, melalui peningkatan indeks pertanaman atau rerata masa tanam dan masa panen dalam satu tahun pada lahan yang sama.

Dinas Pertanian Bantul ingin meningkatkan indeks pertanaman di lahan yang sama untuk meningkatkan produksi padi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia