Kabupaten Bantul Sudah Bersiap Menghadapi Kemarau

Kamis, 30 Mei 2024 – 10:46 WIB
Kabupaten Bantul Sudah Bersiap Menghadapi Kemarau - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Musim kemarau di Jogja. Foto; Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mempersiapkan diri untuk menyambut musim kemarau.

Salah satu yang disiapkan adalah pompa air untuk membantu petani mengairi sawah mereka saat musim kemarau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul Joko Waluyo mengatakan mereka telah menyiapkan ribuan pompa air guna mengantisipasi irigasi yang kering saat kemarau.

"Kami lihat iklim cuaca saat ini untuk hujan sudah hampir tidak ada dan sudah menghadapi musim kemarau. Untuk mengantisipasi musim ini kami menyiapkan pompa-pompa air," kata dia pada Kamis (30/5).

Joko mengatakan saat ini ada beberapa lahan sawah yang baru ditanami padi dan dia ingin setiap bulan tetap ada panen padi meskipun saat musim kemarau.

Menurut dia, setidaknya ada lahan pertanian seluas 5.000 sampai 6.000 hektare di seluruh wilayah Bantul yang ditanami padi dan sedang masa pertumbuhan pada musim tanam kedua pada tahun 2024.

"Kami punya pompa air itu sebanyak 5.190 unit karena ada tambahan bantuan terus dari pemerintah. Harapan kami di daerah-daerah lahan pertanian kalau kemarau panjang bisa menaikkan sumber air yang ada dengan pompa itu," katanya.

Selain pompa air, kata dia, antisipasi yang lain agar para petani menanam padi dengan umur pendek dibanding biasanya sehingga kebutuhan air irigasi dapat disesuaikan dengan sumber air yang ada pada musim kemarau.

Pemerintah Kabupaten Bantul sudah menyiapkan ribuan pompa air untuk membantu petani saat musim kemarau.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia