Begini Penampakan Sapi Kurban Milik Jokowi, Beratnya Hampir 1 Ton

Senin, 10 Juni 2024 – 12:45 WIB
Begini Penampakan Sapi Kurban Milik Jokowi, Beratnya Hampir 1 Ton - JPNN.com Jogja
Sapi yang akan dikurbankan oleh Presiden Jokowi. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pada perayaan Iduladha 1445 Hijriah Presiden Joko Widodo membeli sapi dari peternak asal Bantul untuk dikurbankan.

Sapi yang dibeli Presiden Jokowi itu berasal dari Pedukuhan Depok Kelurahan Wonolelo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peternak sapi Zuli Nuryanto mengatakan mereka menyiapkan tiga pilihan kepada Presiden Jokowi, tetapi yang dipilih adalah sapi dengan berat 934 kilogram.

"Dari tiga sapi yang kami ajukan untuk masuk seleksi sebagai kurban presiden, ternyata salah satu sapi kami terpilih dan dikehendaki Pak Jokowi untuk hewan kurban," kata Zuli, Minggu (9/6).

Menurut dia, sapi yang dipilih itu termasuk dalam jenis peranakan ongole. Sapi tersebut adalah satu dari sepuluh sapi yang sebelumnya diseleksi oleh Pemerintah DIY dan Sekretariat Kepresidenan RI.

"Jadi, memang setiap tahun itu dari Bantul menginventarisasi sapi-sapi besar dan sehat yang ada di Bantul, kemudian kami ajukan tiga sapi sebagai perwakilan Bantul. Totalnya di seluruh Bantul ada sepuluh sapi dan ternyata sapi saya terpilih," katanya.

Dia juga mengatakan sebelum dipilih Presiden untuk dibeli sebagai hewan kurban, sapi miliknya terlebih dahulu dilakukan pengecekan baik dari kesehatan, berat sapi, dan juga faktor lainnya oleh Balai Besar Veteriner Yogyakarta dan tim dari Sekretariat Kepresidenan.

"Ada pengecekan segala macam, yang paling utama itu kesehatan sapi dicek terkait darah, air kencing, liur, kotoran segala macam setelah itu lolos baru ke berat badan sapi. Saya sekitar seminggu yang lalu langsung dihubungi dari Sekretariat Kepresidenan, bahwa sapi saya terpilih," katanya.

Presiden Jokowi membeli sapi dari peternak asal Bantul untuk dikurbankan pada perayaan Iduladha tahun ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News